Tipe Sistem Operasi

ngampus.id – Tidak banyak orang yang tahu mengenai tipe tipe sistem operasi ini, sebab hanya dipelajari oleh orang orang yang berkecimpung di dunia IT saja, kecuali jika kamu senang dengan pengetahuan baru.

Selain tahu metode instalasi sistem operasi yang baik dan benar, nyatanya mengetahui berbagai tipenya pun tidak kalah penting.

Setidaknya terdapat 7 tipe atau model dalam sistem operasi, sebagai berikut.

NoTipe Sistem Operasi
1Real-time Operating System.
2Multi-user dan Single-user Operating System.
3Multi-tasking dan Single-tasking Operating System.
4Distributed Operating System.
5Embedded System.
7Library System
8Templated System
Tabel Tipe Sistem Operasi

7 Tipe Sistem Operasi dan Penjelasannya

type os
bidyaan.com

1. Real-time Operating System

Sistem operasi dengan tipe real time ini melakukan pemrosesan secara berkesinambungan dalam waktu tertentu.

Maka tidaklah heran apabila tipe ini mampu menjalankan dan mengoprasikan sistem atau program berdasarkan prioritas.

Sesuai dengan namanya, proses yang dijalankan dapat dipantau dari waktu ke waktu.

2. Multi-user dan Single-user Operating System

Saat pertama kali komputer diciptakan hanya menggunakan single user, dalam kata lain hanya bisa mengidetifikasi satu user saja.

Kendati demikian, satu user sudah dapat mengerkan banyak hal, atau yang lebih kita kenal saat ini sebagai multi tasking.

Generasi komputer saat ini sudah multi user, itu artinya memiliki kinerja dan fitur yang lebih baik dari pada sebelumnya.

3. Multi-tasking dan Single-tasking Operating System

Sebuah komputer dapat menjalankan perintah dibantu dengan yang namanya sistem operasi, tanpa hal ini tentu perintah-perintah tidak dapat dieksekusi.

Sistem operasi yang menjalankan satu tugas perintah dikenal dengan single tasking, sedangkan sistem operasi yang menjalankan perintah lebih dari satu dikenal dengan multi tasking.

Sebuah sistem operasi melakukan multi tasking dengan cara membagi eksekusi perintah dalam proses yang waktu prosesnya diinterupsi berulang kali.

Multi tasking sistem operasi berdasarkan kemampuannya terbagi 2 jenis, sebagai berikut;

Preemptive Multitasking:

Cara kerja dari preemptive multitasking yaitu dengan cara memangkas waktu proses dari CPU, serta mengalokasikan slot untuk setiap program. Contoh dari sistem operasi menggunakan preemptive multitasking, diantaranya;

  • Windows 32-bit
  • Unix
  • Linux
  • Solaris

Cooperative Multitasking:

Berbeda dengan preemptive multitasking, kemampuan dari proses ini ialah dengan mengedepankan proses dari suatu program untuk mengalokasikan waktu eksekusi perintah dari program lain, contohnya ada pada OS Windows 64-bit.

4. Distributed Operating System

sistem operasi terdistribusi ialah sistem operasi yang memiliki kemampuan mengelola lebih dari satu komputer, dan menjadikannya menjadi satu atau tunggal.

Pada umumnya ini digunakan komputer dalam satu jaringan yang sama, dan inilah salah satu yang menjadi alasan mengapa sistem operasi terdistribusi muncul.

5. Embedded System.

Sistem operasi embedded atau tertanam merupakan sistem operasi yang dirancang untuk memudahkan penggunaan, terutama pada komputer mini atau PDA.

Perangkat yang menggunakan sistem operasi embedded mampu menggunakan dan memanfaatkan sumber daya yang terbatas, sehingga prosesnya lebih efisien dan efektif.

Contoh dari tipe sistem operasi ini ialah Windows CE dan Minix 3.

6. Library System

Seperti apa tipe sistem operasi library?

Sistem operasi dengan bentuk library memiliki fitur operasi khusus seperti halnya jaringan yang terdapat dalam bentuk perpustakaan.

Selain itu memiliki susunan kernel dan source code yang unik, sehingga dapat digunakan sebagai sistem operasi embeded atau template.

7. Templated System

Pada umumnya tipe OS ini digunakan dan diperuntukan untuk server yang besar, biasanya dipusat kendalai.

Penggunaan tipe OS ini sendiri biasanya untuk mengelola sistem operasi terdistribusi atau cloud (sistem komputasi awan).

Penutup & Kesimpulan

Hal yang dapat kita simpulkan dari tipe sistem operasi ini diantaranya sebagai berikut;

  • Tipe OS terbagi ke dalam 7, dimana masing masing memilikitujuan dan kinerja yang berbeda.
  • Tipe OS ini penting untuk diketahui, terutama oleh mereka yang berkecimpung di dunia IT.

Demikian tulisan yang dapat saya sajikan, dirangkum dari berbagai sumber dan telah banyak dibahas di website lain. Sehingga kebenarnnya tidak perlu diragukan lagin.

Bagaimana, apakah kamu memahaminya?

Jika dirasa ada yang tidak dipahami atau mungkin terdapat hal yang keliru dari tulisan ini, silahkan sampaikan di kolom komentar.

Terimakasih!

Default image
Ahmad Hasanudin
Anak kampung yang senang dengan dunia IT dan SEO (Search Engine Optimize). Disamping mengelola ngampus.id, saya juga adalah seorang petani.
Leave a Reply

Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia