Perbedaan 3G dan 4G

Ngampus.id – Perkembangan internet di Indonesia dapat dibilang cukup lambat jika dibandingkan dengan negara-negara lain seperti Amerika dan beberapa negara Eropa. Alasannya ialah masih banyaknya penggunaan perangkat yang masih mendukung penggunaan teknologi jaringan 3G dibandingkan 4G. Tentu saja terdapat perbedaan 3G dan 4G dari berbagai segi seperti, kecepatan akses, teknologi, cangkupan wilayah dan lain sebagainya.

Tetapi sebelum kita mengetahui perbedaan 3G dan 4G, alangkah baiknya kita mengetahui apa itu sebenarnya teknologi jaringan 3G dan 4G tersebut.

Karena ada pepatah yang menyebutkan tak kenal maka tak sayang, maka dari itu yuk! kita pahami dulu apa itu pengertian dari teknologi kedua jaringan tersebut.

Baca Juga: Perbedaan H+ dan 4G

Pengertian Jaringan 3G dan 4G

perbedaan 3g dan 4g
dignited.com

Jaringan 3G dan 4G merupakan standar jaringan komunikasi mobile yang digunakan untuk perangkat smartphone / telepon pintar yang kita gunakan sehari-hari.

Kedua jaringan tersebut menggunakan standar gelombang yang berbeda untuk mengirimkan informasi, yang selengkapnya akan dijelaskan dibawah ini.

1. Jaringan 3G

Teknologi jaringan 3G (third-generation-technology) atau seringkali disebut dengan istilah mobile broadband dikarenakan dapat digunakan sebagai modem yang dapat dibawa kemana saja.

Teknologi ini terbagi menjadi dua yaitu GSM dan CDMA yang berhasil mengalahkan teknlogi generasi sebelumnya dengan perbandingan yang sangat jauh. Oleh karena itu jaringan ini ditetapkan menjadi sebuah standar oleh ITU (International Telecomumunication Union) dan sudah dipasarkan sejak tahun 2000-an.

Perangkat 3G seringkali disebut dengan nama perangkat video call, karena pada masa itu merupakan perangkat umum yang mampu digunakan untuk melakukan panggilan video pertama kali.

Teknologi ini menggunakan jaringan GPRS (General Packet Radio Service) untuk melakukan download dan berkembang menjadi EDGE yang mempunyai kecepatan 3 kali lipat dibandingkan dengan kecepatan akses GPRS.

Kemudian ada juga teknologi UMTS (Universal Mobile Telecommunications System) dimana memiliki kualitas sedikit di atas EDGE yang dapat melakukan video streaming, video conference dan video calling.

2. Jaringan 4G

Jaringan 4G (fourth-generation-technology) adalah jaringan telekomunikasi seluler yang paling mutakhir sebelum jaringan 5G ada dan digunakan oleh banyak pengguna di seluruh dunia. Jaringan seluler ini menggunakan teknologi WiMAX (Worldwide Interoperabality for Microwave Access) yang kemudian tergantikan oleh teknologi LTE (Long Term Evolution).

Teknologi jaringan 4G memberikan kecepatan akses yang cukup tinggi, teknologi ini dapat mendukung banyak sekali layanan mobile internet yang diperkenalkan ada pada era 3G.

Oleh karena itu, game, HD TV, video conference, 3D TV, online shop dan berbagai fitur lainya menjadi populer pada saat sekarang.

Perbedaan 3G dan 4G

perbandingan 3g dan 4g
bhaskar.com

Setelah kita mengetahui apa itu teknologi jaringan telekomunikasi seluler 3G dan 4G, tentu saja keduanya memiliki perbedaan yang sangat mencolok. Salah satunya ialah kecepatan akses data yang terhitung sangat jauh. Ada juga perbedaan dari segi perangkat dan cakupan wilayah yang dapat digunakan. Adapun beberapa perbedaan tersebut, ialah sebagai berikut :

Baca Juga: Pengertian domain

1. Generasi

Dalam segi generasi teknologi jaringan telekomunkasi seluler jaringan 3G dan 4G tentu saja dari namanya saja kita sudah mengetahui jaringan 4G merupakan teknologi yang lebih baru dibandingkan 3G.

Sejarah generasi teknologi jaringan ini dimulai dari generasi pertama 1G hingga 4G dan 5G yang akan dirilis di masa yang akan datang.

Perkembangan teknologi tersebut dapat dilihat dari penjelasan dibawah :

  1. Generasi pertama (G/1G), hampir seluruh sistem pada generasi ini merupakan sistem analog yang memiliki kecepatan rendah dan menggunakan suara sebagai objek utama (low-speed). Sebagai contoh generasi ini menggunakan teknologi NMT (Nordic Mobile Telephone) dan AMPS (Analog Mobile Phone System).
  2. Generasi kedua (2G), pada generasi ini sudah memasuki sistem digital tetapi masih memiliki kecepatan yang rendah sampai menengah seperti pada GSM (Global System for Mobile Communication) dan CDMA2000 1xRTT.
  3. Selanjutnya generasi 3G dan 4G yang sudah dijelaskan di atas.

Terdapat juga generasi diantara generasi seperti generasi 2,5 (2,5 G) yang sudah menggunakan teknologi layanan berbasis GPRS dan EDGE pada GSM dan CDMA.

Ada juga generasi 3,5 (3,5 G) yang dikembangkan oleh WCDMA yang disebut sebagai High-Speed Downlink Packet Access (HSDPA) yang dikembangkan dari jaringan UMTS.

2. Kecepatan Akses

Kecepatan akses jaringan 3G dan 4G memiliki perbedaan yang sangat jauh yaitu jaringan 4G dapat mengakses data lebih dari 10 kali lipat lebih cepat dibandingkan teknologi jaringan 3G.

Untuk kecepatan 3G secara teori dapat mengakses data hingga 7.2 Mbps ketika melakukan proses unduh dan unggah dengan kecepatan hingga 2 Mbps.

Tetapi dalam kenyataanya rata-rata di dunia kecepatan download 3G hanya dapat mencapai 3 Mbps saja untuk kecepatan unduh dan 0.4 Mbps untuk kecepatan unggah.

Sedangkan untuk kecepatan 4G meninggalkan jauh generasi sebelumnya dengan secara teori dapat mencapai 150 Mbps pada saat melakukan proses unduh dan 50 Mbps pada saat melakukan proses penggunggahan data.

Tetapi pada kenyataanya rata-rata hanya dapat mencapai 20 Mbps saat melakukan proses pengunduhan data dan 10 Mbps pada saat melakukan proses penunggahan data.

Kecepatan tersebut dapat berubah dikarenakan gangguan seperti cuaca dan penghalang seperti gedung dan kondisi geografis suatu wilayah. Oleh karena itu kecepatan rata-rata akan berbeda dari wilayah satu dengan wilayah lainya.

3. Cakupan Wilayah

Teknologi 4G dapat melakukan semua yang dilakukan oleh teknologi 3G lebih cepat dan lebih luas. Tetapi di Indonesia sendiri cakupan wilayah sangat tergantung pada titik-titik tiang pemancar yang disebar di seluruh Indonesia.

Dikarenakan teknologi 3G lebih dulu diperkenalkan di Indonesia, sehingga sinyal yang dapat diterima di indonesia lebih luas sampai ke pelosok-pelosok desa di seluruh Indonesia. Sedangkan untuk teknologi 4G hanya dapat dinikmati di berbagai tempat seperti kota-kota besar dan beberapa daerah lainya, dikarenakan teknologi yang digunakan berbeda dengan teknologi 3G.

Sehingga penyebaran sinyal 4G di Indonesia masih sangat terbatas dan tidak dapat sampai ke seluruh wilayah di Indonesia.

4. Perangkat

Dalam segi perangkat juga seperti smartphone dan tablet yang mendukung penggunaan teknologi 4G dapat menggunakan sinyal lain yang berada di bawahnya termasuk 3G dan 3,5 G (HSDPA dan HSPA+), tetapi sebaliknya perangkat yang hanya mendukung sinyal 3G tidak dapat menikmati jaringan 4G dalam perangkat tersebut.

Jadi, jika perangkat anda tidak mendukung jaringan 4G anda harus membeli perangkat baru untuk menikmati akses jaringan 4G dikarenakan ketidakmampuan perangkat untuk menangkap sinyal tersebut.

Baca Juga: Pengertian internet provider

Penutup dan Kesimpulan

Demikianlah penjelasan mengenai teknologi jaringan 3G dan 4G dimulai dari pengertian 3G dan 4G hingga perbedaan 3G dan 4G.

Jaringan 4G memang memberikan kecepatan akses yang sangat cepat jika dibandingkan dengan teknologi jaringan 3G, tetapi karena keterbatasan pencakupan wilayah teknologi jaringan 4G jadi tidak maksimal jika anda gunakan di desa dan pelosok yang tidak terdukung jaringan tersebut.

Semoga penjelasan tadi bermanfaat bagi masyarakat Indonesia yang tidak mengetahui apa itu perbedaan teknologi jaringan 3G dan 4G secara umum. Sekian dan Terima Kasih !


Apa saja perbedaan 3G dan 4G ?

1. Generasi
2. Kecepatan Akses
3. Cakupan Wilayah
4. Perangkat

Default image
Radi Surachman
Berprofesi sebagai seorang Guru Matematika di salah satu Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Garut
Leave a Reply

Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia