Jenis Gambar Vektor

ngampus.id – Ada berapa jenis gambar vektor yang kamu tahu? Satu, dua, tiga atau bahkan kamu tidak tahu sama sekali.

Jika belum tahu jangan khawatir, pada tulisan ini Rahina akan ngasi tahu mengenai macam macam desain vektor yang ada.

Vektor dan gambar biasa berbeda ya, gambar biasa dikenal dengan sebutan bitmap, antara vektor dan bitmap itu memiliki perbedaan, baca deh tulisan sebelumnya tentang perbedaan vektor dan bitmap.

Macam Macam Jenis Gambar Vektor

Gambar vektor memiliki berbagai jenis desain, dari mulai yang sederhana hingga yang sulit. Ciri dari desain ini nampak tidak nyata.

NoJenis Gambar Vektor
1Logo
2WPAP
3Vector Art
4Line Art
5Anime Design
6Siluet Art
7Karikatur
8Sketch Art
9Pattern
Tabel macam macam desain vektor

Mari kita bahasa satu pesatu daftar desain di atas;

conoth logo
Sumber: freepic.com

Siapa yang tidak tahu dengan logo, desain satu ini sangat familiar dengan kehidupan kita, hampir setiap hari kita melihat logo, baik itu pada iklan ataupun brand tertentu.

Saat ini logo telah menjadi kebutuhan, merepresentasikan dari sebuah brand, oraganisasi, komunitas dan perkumpulan. Desain sebuah logo biasanya memiliki makna yang filosofis, entah itu nampak atau tersembunyi.

Pada awal kehadirannya, logo nampak sederhana, seiring perkembangan waktu logo nampak semakin indah dan menarik.

#2. WPAP

contoh wpap
Sumber: youtube.com

Desain WPAP ini sempat booming ya, sebuah desain wajah atau objek yang dibikin berwarna, contohnya seperti gambar di atas.

WPAP merupakan kependekan dari Wedha’s Pop Art Potrait, ciri dari desain ini memiliki bentuk geometri dengan warna yang berbeda.

Pembuatan WPAP sendiri cukup rumit dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar, mengingat memerlukan ketelitian dan kesabaran.

Beberapa aplikasi desain yang bisa digunakan untuk membuat WPAP adalah CorelDraw, Photoshop, Adobe Ilustrator dan Gravit.

#3. Vector Art

contoh vector art
Sumber: youtube.com

Vector art adalah jenis gambar yang dibuat dari bitmap, artinya menggunakan foto. Dimana gambar asli dibuat layaknya kartun.

Proses pembuatan vector art ini tidak mudah, memerlukan ketelitian dan kejelian. Jika kamu ingin belajar membuat vector art, siap siap meluangkan waktu yang lumayan ya.

#4. Line Art

jenis gambar vektor line art
Sumber: pinterest.com

Sesuai dengan namanya, jenis gambar vektor satu ini hanya terdiri garis tegas saja tanpa adanya gradasi warni. Pada umumnya line art hanya memiliki warna hitam putih saja.

Meskipun nampak sederhana, line art tetap memiliki nilai seni yang tinggi. Line art sendiri memiliki berbagai jenis desain, mulai dari yang sederhana hingga yang rumit.

#5. Anime Design & Art

anime art design
Sumber: pinterest.com

Anime design atau anime art merupakan jenis gambar vektor yang tidak jauh berbeda dengan vector, hanya saja desain ini tidak meniru atau menggunakan foto.

Sederhanya menggambar anime menggunakan aplikasi desain grafis berbasis vektor. Sehingga gambar yang dihasilkan adalah gambar vektor.

#6. Siluet Art

siluet art desain
Sumber: nurfitriart.blogspot.com

Siluet art ini merupakan deain yang menyerupai bayangan, sehingga warna yang terdapat pada desain ini adalah hitam saja.

Desain jenis ini bisanya digunakan sebagai kado ulang tahun, kado pernikahan dan kado wisuda. Saat ini telah banyak sekali jasa yang menawarkan pembuatan siluet art.

#7. Karikatur

desain karikatur
Sumber: doctordesain.com

karikatur merupakan jenis desain yang telah populer sejak lama, ciri khas dari desain ini ialah orang yang dijadikan objek gambar memiliki kepala besar.

Karikatur bahkan seringkali dimuat di media masa, entah itu untuk bahan promosi atau menyampaikan kritik terhadap pemerintahan.

#8. Sketch Art

jenis gambar vektor scetch art
Sumber: depositphotos.com

Desain ini merupakan gambar sketsa yang dibuat dengan digital, apapun dapat dibuat menjadi sketsa, akan tetapi yang paling sering ialah gambar manusia.

Gambar sketsa hanya terdiri dari garis garis yang membentuk sebuah gambar tertentu tanpa danya gradasi warna.

#9. Pattern

gambar pattern
Sumber: graphicpear.com

Pernah menggunakan pattern? Biasanya gambar ini digunakan untuk kebutuhan desain website, sebagai contoh yang digunakan pada footer website ngampus.id.

Patter merupakan grafis yang saling berhubungan, sehingga jika gambar tersebut diulang-ulang akan nampak seperti satu kesatuan.

Penutup

Terdapat beragam jenis gambar vektor yang dapat kita buat menggunakan berbagai tool atau aplikasi.

Dari mulai yang nampak sederhana hingga yang rumumit, masing-masing desain memiliki nilai seni tersendiri.

Semoga tulisan ini bermanfaat, apabila ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan tuliskan komentar di bawah.

Default image
Rahina Aisyah
Hanya perempuan biasa, menulis adalah caraku mengisi waktu kosong.
Leave a Reply

Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia