Cara Overclock Processor Core i3

Ngampus.id – Perusahaan Intel mengeluarkan seri core seperti i3, i5, i7 dan i9 merupakan processor yang termasuk ke dalam processor mid- sampai high-end. Tetapi, processor core i3 merupakan processor yang dapat disebut nanggung jika digunakan untuk gaming. Maka, untuk menyaingi processor diatasnya dibutuhkan overclock. Ada beberapa cara overclock processor core i3, yang akan di bahas dalam tulisan kali ini.

Untuk melakukan overclock, membutuhkan ketelitian dan waktu yang cukup tinggi. Oleh karena itu overclock harus dilakukan dengan sangat hati-hati, karena jika terjadi kesalahan mungkin akan berakibat fatal pada perangkat keras yang anda gunakan.

Oleh karena itu sebelum melakukan overclock, kita harus tahu pengertian, persiapan dan berbagai cara untuk melakukanya.

Pengertian Overclock

Overclock merupakan proses untuk meningkatkan kecepatan perangkat seperti processor, VGA dan RAM agar melebihi pengaturan yang diberikan oleh pabrik.

Ini berarti meningkatkan frekuensi intruksi yang dilakukan oleh Central Processing Unit (CPU) pada setiap detiknya (clock speed) dan menyesuaikan tegangan listrik yang dikirim pada CPU.

Mempercepat perangkat seperti processor berarti mengambil dan memproses informasi dan data dengan lebih cepat, sehingga panas yang dihasilkan lebih tinggi dari pada sebelumnya. Maka dari itu dianjurkan untuk menambahkan sistem pendingin seperti fan tambahan dan lain sebagainya.

Persiapan Overclock Processor Core i3

Ada beberapa persiapan yang dilakukan agar pada saat proses overclock berjalan dengan lancar. Adapun beberapa cara tersebut, ialah sebagai berikut :

NoPersiapan Overclock
1Memperhatikan dasar dasar overclock
2Mempersiapkan software penguji
3Melakukan cek processor dan motherboard
4Melakukan uji stress awal
Tebel persipan dalam melakukan overclock

1. Perhatikan Hal Dasar Overclock

Overclock seperti yang dijelaskan diatas meningkatkan performa melampaui batas yang sudah ditetapkan dan menignkatkan suhu panas lebih tinggi daripada biasanya.

Maka dari itu laptop tidak disarankan untuk dilakukan overclock karena sistem pendingin yang sangat terbatas.

Selain itu jika, kalian ingin melakukan overclock atas dasar ingin mendapatkan kinerja dan performa lebih baik ketika memainkan video game, sebaiknya melakukan overclcok kartu grafis / VGA ketimbang melakukan overclock processor.

Adapun hal-hal dasar yang harus diperhatikan sebelum melakukan overclock, anda harus mengetahui beberapa istilah dalam overclocking yang memiliki fungsinya masing-masing, yaitu :

  • Rasio Core CPU (multiplier), berguna untuk meningkatkan kecepatan CPU yang digunakan. Kecepatan keseluruhan processor dihitung dari jumlah perkalian kecepatan clock dasar dengan rasio ini.
  • Voltase Core CPU, merupakan jumlah daya yang ditentukan untuk disalurkan pada CPU. Hal ini diperlukan karena memberi CPU headroom yang dibutukan untuk bekerja pada kecepatan yang lebih tinggi.
  • Rasio Cache (Ring Ratio CPU), untuk menyesuaikan frekuensi komponen CPU tertentu, seperti cache dan pengontrol memori.
  • Voltase Cache / Ring CPU, berguna untuk menaikan voltase input cache CPU. Hal tersebut berguna untuk menstabilkan overclock yang dilakukan pada processor komputer.

2. Software Penguji

Hal pertama yang perlu diingat dalam proses overclocking ialah mengukur performa dasar sistem yang anda miliki. Hal tersebut berguna untuk memudahkan perbandingan performa setelah overclock dilakukan, menggambarkan setiap peningkatan dengan jelas.

Untuk melakukan pengujian seperti uji stres (pemantauan) dan alat pembanding hasil overclock, diperlukan beberapa software yang digunakan. Beberapa software tersebut, seperti CPU-Z, CoreTemp, HWiNFO32, Prime95, LinX dan lain sebagainya.

3. Cek Motherboard dan Processor

Motherboard dan processor memiliki kemampuan yang berbeda setelah dilakukanya overclock. Khusus untuk processor core i3, terdapat kekurangan jika dibandingkan dengan seri core yang lainya.

Hal utama yang dilakukan untuk overclock ialah menaikan multiplier atau pengali yang ada pada processor. Tetapi terdapat beberapa seri processor dan motherboard yang tidak menerapkan atau mengunci fitur tersebut.

Jika hal tersebut terjadi, maka anda hanya dapat menyesuaikan kecepatan clock processor yang hasilnya kurang memuaskan.

4. Lakukan Uji Stres Awal

Melakukan uji stres awal sebelum melakukan overclock, dilakukan untuk melihat apakah ada masalah pada komputer/laptop seperti pada pengaturan dasar dan lain sebagainya.

Pastikan suhu pada keadaan normal pada saat dilakukan uji stres, apabila suhu berada diatas 70 derajat celcius mungkin terdapat kesalahan dan hasil overclock akan tidak maksimal. Oleh karena itu sebelum melakukan overclock, selesaikan dulu masalah yang ada pada komputer/laptop yang anda gunakan.

3 Cara Overclock Processor Core i3

Setelah kita mengetahui apa itu overclock dan apa saja persiapan yang harus dipersiapkan sebelum melakukan overclocking, maka kalian siap untuk melakukan overclock. Ada beberapa cara untuk melakukan overclock, yaitu diantarannya ialah sebagai berikut :

NoCara overclock processor i3
1Overclock menggunakan bios
2Overclock menggunakan software
3Overclock menggunal intel turbo boost
Tabel cara overclock processor i3

Peringatan, bahwa bukan tanggung jawab kami jika terjadi kerusakan pada perangkat anda setelah melakukan overclock.

1. Overclock Menggunakan BIOS

BIOS (Basic Input Output System) adalah sebuah perangkat lunak yang terpasang pada motherboard yang berfungsi untuk mempersiapkan semua komponen dan perangkat sebelum sistem operasi.

BIOS menyediakann interface yang memungkinkan kita untuk melakukan konfigurasi perangkat keras yang terpasang pada motherboard. Oleh karena itu BIOS dapat digunakan untuk melakukan overclock CPU secara manual untuk mendapatkan performa yang lebih baik.

Tetapi, khusus untuk processor core i3 hanya ada beberapa tipe laptop ataupun komputer yang memperbolehkan pengguna untuk mengakses pengaturan CPU pada BIOS. Oleh, karena itu jika komputer/laptop kalian terkunci atau tidak dapat masuk pada pengaturan tersebut, silahkan gunakan cara selanjutnya.

Adapaun cara dan langkah-langkahnya ialah sebagai berikut :

  1. Nyalakan komputer / laptop anda dan masuk kedalam BIOS menggunakan tombol khusus seperti F1, F2, F3 dan lain sebagainya. Setiap BIOS memiliki tombol khusus untuk masuk kedalamnya, maka pastikan dulu jenis komputer dan BIOS yang kalian gunakan.
  2. Selanjutnya masuk kedalam advanced, tab pengaturan CPU, Jumper-Free configuration dan lain sebagainya. Kemudian aktifkan CPU Host Clock Controller dan lain sebagainya, lalu naikan CPU frequency sekitar 5 – 20 % atau batasan limit kecepatan sampai 9x.
  3. Simpan pengaturan BIOS tersebut dan lakukan uji stress pada komputer setelah melakukan overclock. Perhatikan stabilitas komputer, seperti suhu, terjadinya crash, bluescreen dan lain-lain. Jika hal tersebut terjadi matikan komputer dan set kembali pada 5 %. Apabila tidak terjadi apa-apa atau stabil coba cek menggunakan aplikasi berat.

2. Overclock dengan Menggunakan Software

Selanjutnya ialah menggunakan software eksternal yang dapat kalian cari di internet. Download dan install software yang akan digunakan, kemudian masuk kedalam tab menu untuk mengatur CPU.

Kemudian naikan pengaturan FBS (front side bus) multiplier pada 5 sampai 20 % dan juga naikan clock speednya. Kemudian lakukan uji stress pada komputer yang sudah dilakukan overclock, lakukan pengaturan FBS multiplier sampai pada pengaturan yang pas pada komputer anda.

3. Overclock Menggunakan Intel Turbo Boost

Cara yang terakhir ialah menggunakan software yang dikeluarkan oleh Intel secara resmi, yaitu aplikasi Intel Turbo Boost. Unduh dan pasang software tersebut dan lakukan intruksi manual yang diberikan oleh Intel.

Selain itu jangan menaikan clock speed processor yang sudah direkomendasikan oleh Intel, karena dapat terjadinya kerusakan fatal pada perangkat yang anda gunakan.

Penutup dan Kesimpulan

Demikianlan pengertian, persiapan dan beberapa cara overclock processor core i3 pada komputer / laptop yang anda gunakan.

Bagaimana overclock pada processor jenis lain? Baca tulisan tentang cara overclock processor AMD.

Overclock memang memberikan kinerja dan performa lebih pada komputer anda, tetapi jangan lupakan juga resiko kerusakan yang mengancam perangkat anda.

Oleh karena itu penambahan sistem pendingin seperti menambahkan pasta dan fan akan membantu menurunkan suhu berlebih pada komputer anda.


Apa saja cara untuk overclock processor core i3 ?

1. Overclock menggunakan BIOS
2. Overclock menggunakan Software
3. Overclock menggunakan Intel Turbo Boost

Apa saja persiapan yang dilakukan sebelum melakukan overclock processor core i3 ?

1. Perhatikan hal dasar overclock
2. Software penguji
3. Cek Motherboard dan Processor
4. Lakukan uji stress awal

Default image
Radi Surachman
Berprofesi sebagai seorang Guru Matematika di salah satu Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Garut
Leave a Reply

Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia