Cara Mengetahui Password Email Yang Lupa

Ngampus.id – Pada jaman sekarang email merupakan sesuatu yang sangat diperlukan, bukan saja untuk mengirim dan berbalas pesan. Tetapi digunakan untuk berbagai keperluan seperti identitas diri, verifikasi, bisnis hingga proses pembayaran. Lantas, bagaimana jika kita lupa password email yang kita gunakan ? Oleh karena itu kita akan membahas cara mengetahui password email yang lupa.

Ada beberapa penyedia jasa layanan email cukup populer yang berada di Indonesia, yaitu google (Gmail) dan yahoo! (Yahoo! mail). Tetapi kebanyakan email yang digunakan ialah email yang berasal dari penyedia layanan jasa google.

Dikarenakan penggunan Gmail pada smartphone sangat dibutuhkan untuk banyak sekali kebutuhan, seperti Google Play dan Google PlayStore.

Maka dari itu, penulis pada kali ini akan membahas bagaimana cara mengetahui password email yang lupa pada Gmail.

Untuk mengetahui selengkapnya apa saja cara-cara tersebut, yuk ! kita simak penjelasan singkat di bawah ini.

Baca Juga: Fungsi email

4 Buah Cara Mengetahui Password Email Yang Lupa

Cara Mengetahui Password Email Yang Lupa
Sumber: liputan6.com

Ada beberapa cara atau metode untuk mengatasi masalah lupa password email yang anda gunakan.

Tetapi, beberapa cara atau metode tersebut tidak sepenuhnya memberi tahu apa password yang digunakan pada saat anda lupa. Anda akan diberi tahu untuk mengganti password yang lama dengan yang baru.

Sedangkan cara mengetahui password email yang lupa, anda dapat menggunakan fitur dari browser google chrome yang anda gunakan pada smartphone anda.

Tapi hal tersebut, tidak menjamin anda dapat mengetahui password yang digunakan pada saat ini. Siapa tahu anda sudah menggantinya dengan password yang baru, sehingga anda tetap saja tidak dapat masuk dengan password yang lama.

Adapun cara-cara atau metode untuk mengatasi masalah lupa password pada Gmail, ialah sebagai berikut :

1. Melihat Sandi Pada Aplikasi Google Chrome

melihat sandi pada aplikasi google chrome
Sumber: bussinessinsider.com

Yang pertama ialah dengan cara melihat sandi yang tersimpan pada aplikasi google chrome yang digunakan pada perangkat smartphone anda.

Google chrome adalah sebuah browser yang dibuat oleh google sendiri, oleh karena itu memungkinkan untuk menggunakan akun gmail sebagai identitas diri.

Dengan demikian, akun email google kita akan tercatat alamat dan password yang dimilikinya. Dengan cara ini kita tinggal melihat alamat dan password pada halaman pengaturan sandi, dan cara ini merupakan salah satu cara mengetahui password email yang lupa tanpa melakukan reset dan mengganti password yang lama dengan yang baru.

Adapun langkah-langkah nya ialah sebagai berikut :

  1. Hal pertama yang haru dilakukan ialah membuka aplikasi google chrome pada perangkat smartphone anda.
  2. Kedua masuk pada kolom pengaturan/setelan dengan cara menyentuh 3 buah titik di pojok kanan atas.
  3. Kemudian setelah memasuki jendela pengaturan, terdapat beberapa pilihan seperti notifikasi, metode pembayaran dan lain sebagainya. Pilihlah pilihan Sandi.
  4. Pada tahap ini anda dapat melihat daftar alamat website, pengguna beserta password yang anda gunakan untuk mengunjungi berbagai situs tersebut. Carilah akun google atau account.google.com lalu pilih pilihan tersebut.
  5. Setelah memilih akun google, anda dapat melihat password yang anda gunakan dengan cara mengklik gambar mata pada sebelah kanan kolom sandi/password. Untuk melihat sandi tersebut, anda diminta untuk memasukan pola atau fingerprint bila tersedia.

2. Menggunakan Fitur Pertanyaan Keamanan

memulihkan email dengan pertanyaan keamanan
Sumber: microsoft.com

Selanjutnya menggunakan fitur lupa password atau password recovery yang disediakan oleh pihak google untuk membantu mengatasi masalah seperti lupa password, hilang dan lain sebagainya.

Tetapi untuk menggunakan fitur pertanyaan keamanan anda wajib untuk mengisi jawaban dari pertanyaan yang sudah anda setel pada saat membuat akun atau melakukan setelan secara manual.

Jika kondisi tersebut tidak terpenuhi atau anda belum melakukan setelan pertanyaan keamanan, maka anda dapat melanjutkan pada poin ke-3 dan ke-4 sebagai alternatif untuk cara ini.

Adapun cara-cara atau langkah-langkah untuk melakukan pemulihan email atau akun google anda melalui fitur pertanyaan keamanan, ialah sebagai berikut :

  1. Hal pertama yang harus anda lakukan ialah mengunjungi atau mengakses halaman untuk melakukan recovery akun pada tautan ini https://accounts.google.com/signin/recovery?hl=in“.
  2. Kedua, anda wajib memasukan alamat email pada kolom pemulihan akun untuk memulai pemulihan / recovery. Jika anda lupa akan email yang anda gunakan, pilih “Lupa email ?” dan masukan nomor telepon yang sudah ditautkan pada akun tersebut.
  3. Selanjutnya anda akan diminta untuk memasukan password lama yang digunakan untuk masuk pada akun anda. Karena anda lupa akan password tersebut, silahkan klik “Coba pertanyaan yang lain” sampai anda menemukan halaman “Jawab pertanyaan keamanan yang anda tambahkan ke akun”.
  4. Masukan jawaban dari pertanyaan keamanan yang sudah anda buat pada saat anda melakukan setelan akun. Sebagai contoh, pertanyaan tersebut dapat berupa nama ibu anda, siapa guru sekolah dasar anda dan lain sebagainya.
  5. Jika pertanyaan yang anda jawab benar, maka anda akan dialihkan pada halaman selanjutnya. Pada halaman ini anda diminta untuk memasukan waktu atau kapan anda membuat akun google tersebut. Waktu yang ditanyakan berupa bulan dan tahun yang harus anda masukan.
  6. Langkah terakhir jika pertanyaan sebelumnya benar, anda diminta untuk membuat atau memasukan password yang baru sebagai pengganti password yang lama. Setelah melakukan konfirmasi, anda dapat membuka akun google yang baru menggunakan password yang baru.

3. Menggunakan Fitur Email Pemulihan

memulihkan email dengan email lain
Sumber: ruddyenglishusa.blogspot.com

Sebenarnya cara pada poin ke-2 dan seterusnya memiliki kesamaan, yaitu melakukan pemulihan akun atau account recovery dengan cara yang berbeda. Pada cara ini, pemulihan akun dengan menggunakan email pemulihan yang anda masukan pada saat melakukan setelan akun. Cara ini merupakan alternatif jika password dan nomor HP anda sudah tidak dapat digunakan.

Adapun cara dan langkahnya ialah sebagai berikut :

  1. Kunjungi halaman “https://accounts.google.com/signin/recovery?hl=in“.
  2. Kemudian masukan alamat email yang tidak dapat diakses karena lupa sandi/password.
  3. Setelah itu, klik “coba pertanyaan yang lain” sampai anda menemukan halaman untuk memasukan email pemulihan. Masukan alamat email pemulihan anda dan kemudian klik tombol kirim.
  4. Setelah anda memasukan alamat email pemulihan, anda diminta untuk memasukan 6 digit kode yang sudah dikirim pada email pemulihan oleh pihak google untuk memverifikasi. Masukan 6 buah digit kode tersebut, lalu klik berikutnya.
  5. Jika berhasil, anda diminta untuk memasukan password baru sebagai pengganti password yang lama. Lalu anda dapat mengakses akun google anda kembali setelah itu.

4. Menggunakan Fitur Nomor Telepon Pemulihan

memulihkan email dengan no telepon
Sumber: digitalformationworld.com

Yang terakhir ialah dengan cara menggunakan fitur akun pemulihan dengan menggunakan nomor telepon. Cara ini mirip dengan cara pada poin ke-3, hanya saja pada cara ini menggunakan nomor telepon sebagai pengganti email pemulihan. Langkah-langkah yang dilakukan untuk memulihkan akun dengan menggunakan nomor telepon, ialah sebagai berikut :

  1. Kunjungi atau akses halaman “https://accounts.google.com/signin/recovery?hl=in” dengan menggunakan browser.
  2. Selanjutnya masukan alamat email yang digunakan untuk masuk pada akun google anda yang lupa sandi.
  3. Pada halaman selanjutnya anda diminta untuk memasukan password lama, tetapi karena lupa pilihlah “coba pertanyaan yang lain” sampai anda menemukan halaman untuk menggunakan nomor ponsel sebagai metode pemulihan.
  4. Masukan nomor telepon anda yang sudah ditautkan pada akun atau gmail yang anda gunakan, lalu klik tombol “Kirim SMS”.
  5. Setelah itu pihak google akan mengirimkan sebuah kode unik yang berisikan 6 digit kode yang digunakan untuk melakukan verifikasi proses pemulihan akun/email.
  6. Masukan kode yang diberikan, lalu klik tombol “berikutnya”.
  7. Pada langkah terakhir jika kode yang anda masukan benar, anda akan dialihkan pada halaman untuk mengganti password lama anda dengan password yang baru. Setelah itu anda dapat mengakses akun anda dengan menggunakan password baru.

Penutup dan Kesimpulan

Nah ! Demikianlah penjelasan mengenai cara mengetahui password email yang lupa. Anda dapat mengganti password lama dengan password yang baru dengan beberapa cara atau metode di atas.

Baca Juga: Cara mengatasi email yang masuk spam

Setelah anda mengganti password anda, pastikan untuk mengingat atau menyimpanya dengan baik agar tidak terjadi lagi hal yang tidak diinginkan.

Selain itu, pilihlah kata sandi atau password yang mudah untuk anda ingat dan cukup rumit untuk diketahui oleh orang lain.

Tidak disarankan untuk menggunakan tanggal lahir, alamat dan lain sebagainya untuk alasan keamanan agar tidak terjadinya kehilangan akun karena diretas orang.


FAQs

Apa saja cara mengetahui password email yang lupa ?

1. Melihat Sandi Pada Halaman Setting Google Chrome
2. Menggunakan Fitur Pertanyaan Keamanan
3. Menggunakan Fitur Email Pemulihan
4. Menggunakan Fitur Nomor Telepon Pemulihan

Default image
Radi Surachman
Berprofesi sebagai seorang Guru Matematika di salah satu Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Garut
Leave a Reply

Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia