Cara Mengatasi Email Masuk Spam

Ngampus.id – Email atau surat elektronik merupakan sarana mengirim dan menerima pesan melalui jaringan internet yang bersifat digital. Penggunaan email ini memang masih digunakan karena bersifat formal dan dapat diakses kapan saja. Tetapi bagaimana jika email yang kita kirimkan malah masuk ke folder spam ? Ada beberapa cara mengatasi email masuk spam dan penyebab yang wajib kita ketahui agar terhindar dari situasi tersebut.

Spam adalah email yang dikirim ke banyak orang yang tidak diminta oleh penerima yang bersifat palsu, penipuan, phising dan lain sebagainya. Email tersebut terkadang membawa virus yang berbahaya untuk perangkat yang anda gunakan, oleh karena itu jika ada email spam yang masuk akan dikirim ke folder spam.

Lalu mengapa email spam tidak langsung di hapus ?

Email yang masuk ke dalam folder tersebut belum tentu spam, tetapi bisa saja berisi pesan atau informasi yang penting bagi sang penerima email tersebut. Oleh karena itu pihak penyedia layanan, menyediakan folder spam sebagai wadah yang berfungsi untuk menyimpan email yang mencurigakan.

5 Penyebab dan Cara Mengatasi Email Masuk Spam

penyebab mengatasi email masuk spam

Sebelum kita berbicara tentang penyebab dan cara mengatasi email masuk spam, alangkah baiknya kita mencegah hal tersebut terjadi dengan cara membuat email yang baik. Dalam penulisan email terdapat sebuah kriteria yang dapat dijadikan acuan sebagai pembuatan email yang baik, diantaranya ialah :

  1. Penggunaan judul yang baik,
  2. Menggunakan cara penulisan yang baik,
  3. Mudah dimengerti dan tidak dibuat-buat,
  4. Jika terdapat link, pastikan link yang digunakan aktif dan hindari penggunaan URL shortener dalam pesan,
  5. Lakukan pemeriksaan pesan menggunakan aplikasi pihak ketiga,
  6. dan lain sebagainya.

Hal tersebut, dipercaya dapat membuat email kita tidak ditandai sebagai spam dan akan terkirim tanpa melalui folder spam terlebih dahulu. Tetapi jika cara tersebut tidak ampuh untuk mengatasinya, mari kita bahas beberapa penyebab dan cara mengatasi email masuk spam dibawah ini.

1. IP Address Masuk Dalam Daftar Blacklist

Yang pertama ialah terjadinya pemblokiran IP adress yang anda gunakan dan dimasukan kedalam daftar hitam (blacklist).

Hal tersebut membuat anda sekeras dan sebanyak apapun mengirimkan pesan, maka semua pesan tersebut tetap saja akan ditandai sebagai spam dan masuk kedalam folder spam.

Hal ini pada umumnya terjadi pada IP address/alamat server/domain yang digunakan oleh banyak user (shared), karena setiap user mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda.

Oleh karena itu IP yang anda gunakan bisa jadi mempunyai reputasi yang buruk dan dimasukan kedalam daftar hitam.

Jika hal ini terjadi, anda dapat menghubungi provider yang bersangkutan agar dilakukan proses pembenahan ataupun dielist atau proses mengembalikan IP address masuk ke dalam whitelist.

2. Masuk Email Filter

Selanjutnya email filter, yang berarti email yang sudah dikirimkan oleh pengirim tidak masuk kedalam inbox atau primary, tetapi justru masuk kedalam spam, promosi, forum atau bahkan update. Secara teknis email yang dikirimkan tidak dapat memilih akan masuk kedalam tab yang sudah disebutkan tadi.

Oleh karena itu, terdapat sebuah solusi dengan cara meminta penerima pesan agar memasukan email pengirim ke dalam folder primary/inbox. Email yang dikirim harus dibuat berhati-hati agar tidak masuk ke dalam folder spam dan yang lainya.

3. Email Satu Arah

Email satu arah maksudnya ialah kondisi dimana sang pengirim email hanya mengirimkan email saja tanpa mengajak penerima email untuk membalas pesan email yang dikirim.

Oleh sebab itu, penybab satu ini disebut dengan nama email satu arah, yang berlawanan dengan konsep pesan sebagai alat komunikasi dua arah.

Adapun solusi untuk permasalahan ini ialah mengajak penerima pesan email anda agar dapat membalas email yang sudah dikirimkan.

4. Terjerat Konten Filter

Selanjutnya adalah konten filter yang berfungsi untuk menyaring konten-konten yang ada pada email. Biasanya konten yang terjerat oleh konten filter ialah isi ataupun subjek berisikan jargon spam, seperti gratis, free, diskon, voucher, dan lain sebagainya.

Selain kata-kata tersebut, kata-kata negatif juga dapat berpengaruh seperti kata-kata yang mengandung kekerasan dan seksual merupakan salah satu contohnya.

Hal yang sudah disebutkan diatas meningkatkan resiko email yang anda kirimkan akan berakhir pada folder spam. Oleh sebab itu terdapat solusinya, dengan cara menghilangkan jargon-jargon dan kata-kata yang berbau negatif pada email yang anda kirimkan.

5. Cara Mendapatkan Email Penerima

Ada banyak cara untuk mendapatkan email, diantarnaya ialah scrapping yang berarti membeli informasi daftar email dari pihak ketiga. Hal ini hanya akan membuat email yang dikirim masuk ke dalam spam saja, bahkan membuat email menjadi bounced.

Kondisi bounced merupakan kondisi dimana email yang dikirimkan akan dikembalikan pada kita dengan kita sebagai pengirim. Hal tersebut lebih berbahaya dibandingkan dengan email yang ditandai sebagai spam.

Solusinya ialah mendapatkan email dengan cara yang baik, seperti list building dengan cara oportunity in form dimana kita membuat form untuk subscribers memberikan informasinya secara sadar. Dan juga tidak melakukan lagi scrapping dan membeli list email dari pihak ketiga.

Baca Juga: Cara mengetahui password email yang lupa

Penutup dan Kesimpulan

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa penyebab dan cara mengatasi email masuk spam. Semoga hal yang sudah dijelaskan tersampaikan dengan baik agar email yang dikirimkan ditandai sebagai spam.

Sekian dan Terima Kasih !


Apa saja penyebab dan cara mengatasi email masuk spam ?

1. IP Address Masuk Dalam Daftar Blacklist
2. Masuk Email Filter
3. Email Satu Arah
4. Terjerat Konten Filter
5. Cara Mendapatkan Email Penerima

Default image
Yasmin Ayu Dina
Seorang Mahasiswi Teknik Informatika di salah satu Universitas Negeri Indonesia. Selain kuliah, aktif di beberapa organisasi dan komunitas.
Leave a Reply

Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia