Cara Memilih Web Hosting

Ngampus.id – Hosting adalah istilah untuk menggambarkan sebuah lahan yang disewakan pada client oleh penyedia layanan untuk sebuah website. Oleh karena itu, kita harus jeli dan teliti untuk memilih layanan penyedia hosting tersebut. Terdapat beberapa cara memilih web hosting yang baik yang akan kami jelaskan dalam tulisan berikut kali ini.

Memilih suatu layanan web hosting, memang terlihat seperti sesuatu yang mudah dan sederhana. Tetapi, jika anda tidak jeli dan teliti dalam memilih suatu layanan penyedia hosting, anda mungkin akan mengalami kerugian dan beban yang akan anda alami di kemudian hari.

Oleh karena itu, sebelum anda memilih penyedia layanan hosting untuk web anda, alangkah baiknya anda mempertimbangkan dahulu apa saja spesifikasi dan prioritas yang anda butuhkan. Hal tersebut dapat berupa platform yang digunakan, konten yang digunakan, target pengunjung, back up data, addon domain dan lain sebagianya.

8 Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Cara Memilih Web Hosting

cara memilih web hosting
Sumber: pcmag.com

Setelah anda mengetahui apa saja acuan dasar untuk memenuhi semua kebutuhan website anda, anda dapat mulai mencari informasi tentang penyedia layanan hosting di internet yang sesuai dengan kriteria anda pada mesin pencari.

Tetapi jika anda masih bingung, kami sudah merangkum 8 hal yang diperhatikan dalam cara memilih web hosting yang baik. Adapun hal tersebut, ialah sebagai berikut ini :

NoPertimbangan Dalam Memilih Web Hosting
1Harga terbaik
2Spesifikasi dan kualitas server
3Bandwith
4Customer service
5Fitur tambahan
6Review pelanggan
7Jumlah client
8Garansi cashbac
Tabel cara memilih web hosting

1. Harga Terbaik

Penyedia layanan hosting biasanya memberikan pilihan dalam bentuk paket, dalam paket tersebut tentu saja memiliki harga yang berbeda. Idealnya harga yang ditawarkan harus sesuai dengan apa yang ditawarkan oleh penyedia jasa layanan hosting.

Tetapi jangan sampai membayar lebih pada paket layanan yang serupa pada penyedia layanan hosting lainya. Jangan juga memilih paket layanan yang lebih murah, tetapi memiliki kualitas layanan yang terbilang buruk.

Oleh karena itu lebih baik memilih paket layanan yang terjangkau tetapi masih memiliki layanan hosting terbaik.

Selain itu untuk membandingkan harga pasaran hosting, anda tidak perlu sungkan untuk bertanya pada client lain mengenai harga yang pas untuk website anda. Tanyakan juga kualitas pelayanan yang diberikan oleh penyedia layanan hosting tersebut, mana yang lebih bagus.

2. Spesifikasi dan Kualitas Server

Sebelum memilih paket layanan suatu penyedia hosting, pastikan anda sudah mengerti dan paham apa saja spesifikasi dan kualitas server yang dibutuhkan untuk website anda. Dikarenakan server merupakan penentu bagi website anda, seperti kecepatan akses dan stabilitas website.

Ada berbagai hal yang diperhatikan, salah satunya ialah lokasi server yang digunakan. Baiknya lokasi server terletak pada negara yang sesuai dengan target pengguna/pengunjung website anda. Sebagai contoh, misalnya target pengguna/pelanggang/pengunjung website anda berasal dari Indonesia, maka alangkah baiknya lokasi server berada juga di Indonesia.

Selain lokasi server ada beberapa hal yang harus diperhatikan juga, seperti :

  1. Processor yang digunakan
  2. Teknologi server
  3. RAM
  4. Network Speed
  5. Media penyimpanan (HDD / SSD)
  6. dan lain sebagainya.

Untuk melihat spesifikasi server secara menyeluruh, anda dapat melihat informasi tersebut biasanya pada halaman website penyedia layanan jasa hosting. Jika kesulitan mencar informasi, anda dapat menghubungi costumer support (CS) layanan yang digunakan.

3. Bandwidth

Bandwidth merupakan hal yang sangat penting dalam hosting, jangan sampai website anda menjadi down dikarenakan ketersediaan bandwidth yang terbatas.

Oleh karena itu, sebelum membeli paket layanan jasa hosting pastikan bandwidth yang digunakan tidak terbatas dengan harga yang terjangkau. Sehingga anda tidak perlu lagi ambil pusing oleh ketersidaan bandwidth yang terbatas.

4. Costumer Support Berkualitas

Costumer support atau costumer service (CS) merupakan hal yang tidak boleh dilupakan. Pastikan anda memilih layanan penyedia jasa hosting yang memiliki costumer support yang berkualitas. Mereka harus mampu bekerja 24 jam dan mampu menyelesaikan masalah dengan baik.

Hal tersebut dikarenakan, permasalahan pada website terkait hosting dapat terjadi dan menimpa anda kapan saja.

Hal lain yang harus diperhatikan dalam costumer service (CS) ialah ketersidaan fitur layanan seperti, tiket bantuan, email, live chat dan panggilan telepon.

5. Fitur Tambahan

Selanjutnya ada fitur tambahan yang berfungsi sebagai pelengkap dari fitur utama yang ditawarkan oleh penyedia layanan hosting. Fitur tambahan tersebut tentu saja memberikan keuntungan yang cukup besar, tergantung pada banyaknya fitur yang digunakan.

Adapun fitur tersebut berkaitan dengan proteksi dan keamanan yang berfungsi untuk membuat server yang anda gunakan tetap aman dari serangan botnet, malware dan hacker. Selain fitur keamanan, terdapat juga fitur yang membantu anda untuk membangung website dengan lebih mudah dan lain sebagainya.

6. Review Pelanggan

Hal yang harus diperhatikan satu ini mungkin selalu obyektif, karena tidak semua pendapat dapat dijadikan suatu acuan. Karena banyak pihak yang ingin memanfaatkan hal tersebut untuk mendapatkan keuntungan pribadi.

Tetapi jika, review pelanggan tersebut benar dan berasal dari forum dan blog terpercaya, maka akan menjadi suatu gambaran. Karena pengalaman adalah sesuatu yang sangat berharga, anda dapat memanfaatkan pengalaman tersebut dengan melihat dari berbagai sudut pandang untuk dijadikan acuan memilih layanan hosting yang baik.

7. Jumlah Client

Suatu kesuksesan penyedia layanan jasa hosting dapat dilihat dari jumlah client yang menggunakan layanan mereka. Terlebih lagi jika penyedia layanan hosting memiliki client dari web ternama yang sudah memiliki pengunjung yang sangat tinggi. Jadi, dapat dipastikan bahwa penyedia layanan tersebut memiliki kualitas yang sangat tinggi, karena web berkelas mempercayakan website mereka pada penyedia layanan hosting tersebut.

8. Garansi Cashback

Hal terakhir yang harus diperhatikan untuk memilih penyedia layanan hosting yang baik ialah ketersidaan garansi cashback/jaminan uang kembali. Yang jadi perhatian bukanlah cashback nya, tetapi penyedia layanan tersebut menjamin kualitas dan kepuasan pelanggan/client yang memercayakan website mereka pada si penyedia layanan.

Jadi, jika ada ketidakpuasan client/pelanggan penyedia layanan siap untuk memberikan garansi berupa uang yang akan dikembalikan. Hampir setiap penyedia layanan hosting memiliki kebijakan tersebut, tetapi tentu saja syarat dan ketentuan yang berlaku berbeda-beda dari setiap penyedia layanan hosting tersebut.

Oleh karena itu anda harus paham mengenai nominal yang akan dikembalikan, sistem pengembalian uang dan lamanya waktu yang dibutuhkan untuk mengembalikan uang yang sudah disepakati. Jika penjelasan tersebut masih kurang jelas, anda dapat menanyakannya secara langsung pada costurem support/costumer service masing-masing penyedia layanan hosting.

Penutup dan Kesimpulan

Demikianlah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam cara memilih web hosting yang ada. Setiap penyedia layanan biasanya memberikan paket-paket yang ditawarkan dengan harga yang sepadan dengan layanan yang diberikan. Oleh karena itu, sebelum anda memilih layanan hosting alangkah baiknya anda mengetahui apa yang anda butuhkan untuk keperluan website yang nantinya akan anda gunakan.


Apa saja hal yang harus diperhatikan dalam cara memilih web hosting ?

1. Harga Terbaik
2. Spesifikasi dan Kualitas Server
3. Bandwidth
4. Costumer Support Berkualitas
5. Fitur Tambahan
6. Review Pelanggan
7. Jumlah Client
8. Garansi Cashback

Default image
Radi Surachman
Berprofesi sebagai seorang Guru Matematika di salah satu Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Garut
Leave a Reply

Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia