Cara Membuat Grafik di Word

Apakah di antara kalian ada yang sedang kebingungan mengenai bagaimana cara membuat grafik di word? Pada dasarnya membuat grafik di word sangatlah mudah. Hal ini tidak jauh berbeda dengan cara membuat flowchart maupun bagan.

Hal pertama yang harus kita ketahui ialah mengenai fitur-fitur (baca mengenai fitur MS Word disini) atau tool yang terdapat di Microsoft Office Word. Kiranya kita akan sepakat apabila menyatakan MS Word merupakan software yang sangat multifungsi.

Sebelum kita masuk pada pembahasan bagaimana cara membuat grafik, terlebih dahulu kita akan mengenal mengenai apa itu grafik dan jenis-jenisnya.

Grafik merupakan penyajian data tabel menjadi bentuk gambar.

Jenis Grafik

grafik, graph
gambar via unsplash.com/@goumbik

Terdapat beberapa jenis atau macam grafik yang dapat kalian pilih di Microsof Office Word, beberapa grafik yang familiar digunakan seperti, jenis grafik batang, garis dan lingkaran. Namun tidak menutup kemungkinan kalian menggunakan dan membutuhkan grafik jenis lain.

Untuk itu tidak ada salahnya apabila kalian mengetahui grafik jenis lain yang terdapat di Microsof Office Word, berikut daftarnya.

NoJenis Grafik
1Grafik Kolom
2Grafik Garis
3Grafik Pie
4Grafik Batang
5Grafik Permukaan
6Grafik Area

Apakah kalian telah mengenal jenis-jenis grafik di atas?

Mungkin sebagian orang telah mengenal dan mengetahuinya, namun untuk kalian yang belum tahu jangan khawatir sebab berikut ini adalah penjelasan masing-masing jenis grafik di atas.

  1. Grafik Kolom – Jenis grafik ini adalah grafik yang menyampaikan data melalui batang vertikal. Grafik ini dapat digunakan untuk memperbandingkan beberapa data.
  2. Grafik Garis – Grafik garis pada umumnya digunakan untuk menampilkan tren. Titik-titik data yang dihasilkan dihubungkan oleh sebuh garis, sehingga membentuk garis yang tidak putus. Dalam hal ini kita dapat melihat sebuah tren miningkat atau menurun.
  3. Grafik Pie – Pie atau lingkaran adalah jenis grafik yang menyerupai potongan pie. Grafik jenis ini digunakan untuk memperlihatkan proporsi atau presentase kepada pembaca. Dimana setiap bagaian atau proporsi ditampilkan dalam bentuk potongan pie.
  4. Grafik Batang – Grafik jenis ini mirip dengan grafik kolom, perbedaannya terletak pada posisi grafik yang horizontal.
  5. Grafik Permukaan – Grafik jenis ini sangat cocok digunakan untuk menampilkan jumlah data yang banyak, serta memungkinkan juga ditampilkan dalam bentuk tiga dimensi.
  6. Grafik Area – Grafik area adalah sebuah grafik yang memiliki kemiripan dengan grafik garis, yang membedakan ada daerah yang terisi di bawah grafik.

Bagian-Bagian Grafik

grafik
gambar via statistikonline.com

Sebelum membuat grafik menggukan Microsoft Office Word, ada beberapa hal yangharus kita pahami terlebih dahulu, salah satunya dengan memahami bagian grafik.

Ketika kita telah memahami bagian atau komponen yang terdapat dalam grafik, dipastikan akan lebih mudah dalam membuat grafik di Microsoft Office Word.

Berikut adalah bagian dan unsur yang terdapat dalam grafik.

  • Chart tittle atau dalam Bahasa Indonesia judul grafik merupakan hal yang begitu penting untuk kita pahami. Judul sendiri harus menggambarkan dan mewakili apa yang akan disampaikan dalam grafik.
  • Vertical axis adalah sumbu vertikal atau sumbu y yang merupakan bagian dari grafik. Sumbu vertikal mengukur dari nilai kolom.
  • Horizontal axis adalah sumbu horizontal atau sumbu x yang terdapat dalam sebuah grafik. Sumbu horizontal ini mengidentifikasi kategori dari informasi yang sidampaikan oleh grafik.
  • Legend atau dalam Bahasa Indonesia legenda adalah sebuah keterangan yang memiliki fungsi untuk mengidentifikasi seri setiap data yang mana mewakili setiap warna maupun bentuk grafik.
  • Data series adalah seri data yang terdiri dari titik-titik data yang terkait dalam sebuah grafik.

Perlu diketahui untuk menambahkan atau membuat grafik di Microsoft Office Word yaitu dengan cara memanfaatkan spreadsheet, salah satunya dengan bantuan Microsoft Office Excel.

Meskipun sebetulnya kita dapat membuat grafik di MS Excel secara tersendiri, akan tetapi dalam kondisi tertentu kita dituntut untuk menyajikan grafik di Word.

Maka tidak terdapat pilihan lain selain membuatnya di Word dengan memanfaatkan Excel.

Saya harap kalian cukup memahami apa yang disampaikan sampai pembahasan ini, sebab pada bagian berikutnya kita akan benar-benar belajar bagaimana cara membuat grafik menggunakan Microsoft Office Word.

Panduan Cara Membuat Grafik di Word

membuat grafik
gambar via tiirto.id

Cara membuat grafik di Microsof Office Word, baik itu Word 2007, 2010, 2013, 2016 dan bahkan yang terbaru sama saja, yaitu tinggal memasukan jenis grafik yang diinginkan kemudian sesuaikan data masukannya. Silahkan simak dengan sakasama pada penjelasan berikut ini.

1. Menambahkan atau Memasukan Grafik Ke Lembar Kerja MS Word

Langkah pertama yang harus dilakuakan ialah menambahkan jenis grafik yang diinginkan ke dalam lembar kerja, bagaimana caranya? Berikut langkahnya.

  1. Pilih Tab Insert pada bagian atas Microsoft Office Word, kemudian kalian klik Chart pada kelompok ilustrastion.
tab insert
Pilih tab Insert untuk menambahkan grafik

Ketika kalian memilih menu di atas, maka selanjutnya akan muncul kotak dialog yang berisikan jenis-jenis grafik. Pilihlah grafik yang kalian inginkan dan tentunya sesuai, kemudian klik Ok.

kotak dialog garafik
Pilihlah grafik yang kalian inginkan

Sebuah grafik akan secara otomatis tampil pada halaman kerja, tentu sesuai dengan apa yang telah kalian pilih.

grafik pada lembar kerja
Tampilan grafik pada lembar kerja Word
data excel
Data default yang terdapat pada spreadsheet

Untuk mengubah data sesuai dengan data yang kalian miliki, cukup dengan merubah dan menyesuaikan data yang terdapat pada bagian sebelumnya.

masukan data excel
Proses memaukan data

Apabila proses penambahan data telah selesai dilakukan, maka tinggal klik tombol close. Pastikan data yang telah kalian masukan benar.

close data
Proses close data

Kemudian secara otomatis tampilan grafik akan muncul pada halaman kerja, seperti pada gambar berikut ini.

tampilan grafik
Tampilan grafik pada lembar kerja

***

Kemudian bagaimana apabila terdapat kesalahan dalam memasukan data, apakah dapat dirubah? Data yang telah dimasukan dalam proses sebelumnya dapat dirubah dan disesuaikan kembali, caranya dengan meng klik grafik yang ingin dirubah, lalu klik edit data pada bagian Tab Deign.

edit data
Proses melakukan edit data

Maka dengan otomatis spreadsheet akan muncul kembali, setelah itu yang perlu kita lakukan ialah tinggal merubah data yang diinginkan.

2. Membuat Grafik di Word Menggunakan Data Excel

Kemudian bagaimana apabila kita telah memiliki data dalam bentuk excel, apakah terdapat cara otomatis? Sejauh ini yang saya pahami mengenai pembuatan grafik, terutama di Microsoft Office Word.

Cara yang dapat kita lakukan yaitu dengan memindahkan data-data dari Microsoft Office Excel ke Word, caranya pun terbilang mudah yaitu cuku copy paste saja data dari Excel ke data sumber grafik di Word.

Barangkali sebagian di antara kalian ada yang menganggap menggunakan cara ini ribet, sebab harus meng-copy file data dari Excel terlebih dahulu.

Namun jangn khawatir, proses memindahkan data tidaklah lama, yang terpenting data yang akan dijadikan grafik benar.


Nah demikian tulisan mengenai cara membuat grafik menggunakan Microsoft Office Word. Semoga tulisan ini dapat membantu kalian dalam belajar.

Default image
Ahmad Hasanudin
Anak kampung yang senang dengan dunia IT dan SEO (Search Engine Optimize). Disamping mengelola ngampus.id, saya juga adalah seorang petani.
Leave a Reply

Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia