Cara Membuat Grafik di Excel

Hai sobat, pada kesempatan kali ini kita masih akan membahas mnegenai bagaimana cara membuat grafik. Jika dalam tulisan sebelumnya kita telah mebahas mengenai cara membuat grafik di Word, maka pada tulisan kali ini saya akan menyajikan mengenai cara membuat grafik di Excel.

Sama halnya dengan Microsoft Office Word, Excel adalah sebuah apalikasi dengan kegunaan multifungsi. Buktinya selain digunakan untuk menghitung dan mencatat data-data, Excel dapat dimanfaatkan untuk membuat flowchart ataupun ERD (Entity Relationalship Diagram).

Kembali lagi pada soal bagaimana cara membuat grafik di Microsoft Excel. Hal ini sederhana, bahkan sangat mudah dilakukan, bisa dibilang tidak jauh berbeda dengan membuat grafik di Microsoft Office Word.

Berikut penjelasan lengkapnya, silahkan disimak dengan baik.

Cara Membuat Grafik di Microsoft Excel 2003

Kalian yang lahir pada tahun 90 an ke bawah dipastikan pernah menggunakan Excel 2003, dahulu versi ini dijalankan di operating system Windows XP.

Saya adalah termasuk orang yang pernah menggunakan Excel 2003, tepatnya waktu itu ketika duduk dibangku Sekolah Menengah Atas (SMP).

Dalam membuat sebuah grafik, khususnya menggunakan Excel, pada dasarnya tidak terdapat perbedaan yang mencolok meskipun berbeda versi. Justru saya kira semakin baru versinya semakin mudah untuk digunakan dan dioperasikan.

  1. Pertama bukalah Microsoft Office Excel 2003 yang kalian miliki hingga muncul lembar kerja.
membuka excel
Proses membuka excel

Menyiapkan atau membuat data yang ingin kalian jadikan grafik, sebagai contoh seperti pada gambar berikut ini.

contoh data excel
Contoh data excel yang akan dibuat grafik

Apabila data telah dirasa cukup dan siap untuk dijadikan grafik, proses selanjutnya blok data tersebut.

blok data
Proses blok data

Apabila data telah berhasil diblok, klik kanan pada bagian data kemudian pilih chart.

klik chart
Proses membuat tabel

Setelah kalian klik chart, maka akan muncul kota dialog yang berisi pilihan jenis chart atau grafik.

chart
Proses memilih bentuk grafik

Kalian dapat memilih jenis grafik yang kalian inginkan, terdapat banyak pilihan, seperti grafik kolom, grafk garis, lingkaran dan sebagainya. Dalam kesempatan ini untuk belajar sebaiknya kalian pilih saja jenis grafik klom dengan tipe 2 dimensi.

memilih grafik
proses memilih dan menentukan grafik

Setelah proses di atas selesai, maka selanjutnya kita akan memasuki proses memilih sorce data.

data source
Memasukan data source

Kita perhatikan tampilan pada gambar di atas, dimana proses tersebut dilakukan untuk memilih data yang ingin kita tampilkan dalam sebuah grafik.

Terdapat dua pilihan yang disediakan oleh Microsoft Office Excel, yaitu Rows dan Coloumn. Apabila kita memilih coulumn maka tampilannya akan renggang seperti nampak pada gambar di atas. Sedangkan apabila kita memilih row tampilan grafiknya akan namapak lebih merapat.

tipe grafik
Series data dalam tampilan rows

Apabila proses di atas telah selesai, maka akan muncul tampilan seperti pada gambar berikut ini.

chart wizard
Proses memasukan komponen grafik

Pada gambar di atas kita dapat melihat beberapa isian, sperti chat tittle, category (x) axis, value (y) axis dan lain sebagainnya. Isi chart tittle dengan judul grafik yang kalian inginkan, category x axis ialah keterangan pada garis horizontal, sedangkan value y axis adalah nilai yang muncul pada grafik.

mengisi chart wizard
Proses mengisi chart wizard

Setelah proses di atas selesai maka kalian tinggal masuk pada proses selanjutnya.

proses memilih objek grafik
proses memilih objek grafik

Jika proses di atas telah selesai dilakukan, maka grafik telah berhasil dibuat dan akan nampik seperti tampilan berikut ini.

tampilan akhir grafik
Grafik telah muncul pada halamna kerja

Cara Membuat Grafik di Excel 2007

Tidak jauh berbeda dengan membuat grafik di Excel 2003, bahkan di Excel 2007 ini dapat dikatakan lebih mudah, mengapa demikian? Sebab proses pembuatan grafik lebih sederhana. Silahkan kalian perhatikan, berikut tahapannya.

  1. Langkah pertama pastikan terlebih dahulu kita memiliki data di Excel yang akan dijadikan sebagai grafik. Sebagai contohnya nampak pada gambar berikut ini.
data set
Sekumpulan data set yang dijadikan grafik

Pastikan data yang akan dijadikan grafik benar dan tepat. Selanjutnya kalin sorot atau blok data tersebut, klik insert pada tab, klik coloumn lalu pilih jenis yang diinginkan.

data grafik
Proses membuat grafik di Excel

Nah apabila setiap langkah dan proses yang dilakukan telah sesuai maka secara otomatis grafik akan muncul pada laman kerja.

grafik
Grafik di halaman kerja Excel

Cara Membuat Grafik di Excel 2010, 2013, 2016 & Terbaru

Tidak lengkap rasanya apabila kita tidak membahas cara membuat grafik di versi Excel terbaru, terutama 3 versi Excel yang telah disebutkan pada bagian sub judul di atas.

Sebetulnya masyarakat Indonesia sendiri saat ini telah banyak menggunakan Excel dengan veris terbaru, baik itu di Lembaga Pendidikan, Pemerintahan maupun di kantor swasta. Terlepas dari apakah software yang digunakan asli atau palsu.

Barangkali sudah menjadi rahasia umum apabila kita menemukan banyak orang atau masyarakat kita menggunakan software bajakan, terutama anak mudanya. Untuk membedakan antara software asli dan bajakan sangat mudah, kalian bisa baca disini.

Kita balik lagi soal bagaimana cara membuat grafik di excel terbaru, apakah sama? Saya katakan hampir sama, apalagi jika kalian telah terbiasa menggunakan Excel versi lama.

  1. Pertama ada baiknya kita mengenali bagian chart yang terdapat pada menu insert, seperti pada gambar berikut.
jenis chart
jenis chart yang terdapat di Excel

Siapkan data yang ingin dijadikan grafik, sebagai contoh seperti data di bawah ini.

data set grafik
Data set grafik

Blok data yang telah dibuat seperti di atas. Klik insert pilih recomended chart.

data
Proses membuat grafik

Pilih tab all chart, kemudian klik coloumn. Pilih dan sesuikan jenis coloumn yang ingin digunakan, lalu klik ok. Geser dan seusuaikan garafik yang telah dibuat.

memilih chart
Proses memilih chart

Jangan lupa tambahkan nama nama atau tittle pada grafik.

memberi nama grafik
Proses memberi nama grafik

Penutup

Microsoft Office Excel memiliki berbagai macam atau jenis grafik, penggunaannya sendiri tentu saja dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Terdapat beberapa data yang cocok untuk ditampilkan menggunakan grafik lingkaran, kolom dan lain sebagainnya.

Selain itu kalian juga dapat mencetak grafik tersebut dalam berbagai ukuran. Apabila membutuhkan berbagai referensi mengenai printer atau mesin cetak lainnya kunjungi qomaruna.

Sebagai contoh jenis data yang cocok untuk ditampilkan dengan jenis grafik kolom (coloumn.)

  • Grafik penjualan yang didasarkan pada jenis barang.
  • Grafik rata-rata nilai di suatu Kelas.
  • Grafik rata-rata tinggi badan di Sekolah.
  • Grafik hasil pemilihan umum.
  • dll

Nah itu tulisan mengenai cara membuat garafik di Excel, semoga tulisan ini dapat membantu dan mendatangkan manfaat.

Default image
Ahmad Hasanudin
Anak kampung yang senang dengan dunia IT dan SEO (Search Engine Optimize). Disamping mengelola ngampus.id, saya juga adalah seorang petani.
Leave a Reply

Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia