Apa itu Internet Provider

Ngampus.id – Internet sudah dapat dibilang menjadi salah satu kebutuhan dasar bagi masyarakt luas, khususnya penduduk yang tinggal di daerah perkotaan. Tetapi, apakah kalian tahu siapa yang memberikan layanan penyelenggara jasa internet ? Mereka disebut dengan Internet Provider atau ISP. Jadi apa itu Internet Provider ?

Pada kesempatan kali ini penulis akan sedikit menjelaskan apa itu internet provider, fungsi, cara kerja, jenis layanan dan beberapa contoh daripada internet provider yang ada di Indonesia. Untuk mengetahui itu semua, yuk simak penjelasan yang ada di bawah ini.

Pengertian ISP

pengertian isp
Sumber: open4bussiness.com.au

ISP merupakan kepanjangan dari Internet Service Provider atau PIJI dalam bahasa Indonesia yang merupakan singkatan dari Penyelenggara Jasa Internet

Jadi kalau kita artikan, ISP merupakan sebuah perusahaan yang menyediakan layanan atau jasa untuk mengakses media komunikasi dan informasi berbasis online.

ISP mempunyai jaringan yang sangat luas secara domestic ataupun internasional, sehingga pengguna atau pelanggan dapat terhubung ke jaringan internet secara global.

Oleh karena itu pada umumnya penyedia layanan merupakan perusahaan-perusahaan besar yang bergerak pada bidang telekomunikasi.

Fungsi dan Cara Kerja ISP

Sumber: medium.com

Setelah kita mengetahui apa itu ISP, tentunya Internet Provider memiliki beberapa fungsi selain menyediakan layanan internet pada pengguna, yaitu :

  • Menjadi media atau jembatan bagi pengguna internet untuk melakukan upload dan download data, file dan lainya dari internet.
  • Menghubungkan pengguna pada gateway internet terdekat.
  • Sebagai sebuah media yang memberikan pelayanan jasa uuntuk menghubungkan pada internet.
  • Menyediakan hompage.
  • Menghubungkan pengguna pada layanan informasi yang tersedia di WWW (World Wide Web).
  • Melindungi pengguna dari penyebaran virus komputer dengan menerapkan berbagai cara yang diperlukan.
  • Dan lain sebagainya.

Selain itu, ISP juga memiliki cara kerja yang cukup sederhana. Mereka hanya menunggu pengguna/pelanggan meminta permintaan akses. Setelah ada permintaan, pihak ISP akan melakukan routing jaringan pada perangkat yang digunakan oleh pengguna seperti modem, telepon genggam, dan lain sebagainya yang dapat digunakan untuk terhubung pada internet.

Jenis Layanan ISP

jenis layanan isp
Sumber: etud.com

Ada beberapa jenis layanan yang diberikan oleh pihak penyelenggara layanan yang dapat dibedakan dari berbagai aspek, seperti metode dan alat yang digunakan. Adapun jenis layanan ISP ialah sebagai berikut :

1. Dial-Up Connecetion

Dial-up connection merupakan sebuah istilah untuk mengakses internet menggunakan jaringan telepon. Adapun tahapannya ialah komputer melalui modem melakukan pemanggilan telepon (dial-up) pada internet provider.

Lalu pengguna dapat terhubung dan mengakses internet, yang kemudian mengakhiri koneksi dengan memutuskan hubungan telepon.

Sistem ini memungkinkan pengguna tidak dikenakan biaya secara terus menerus, akan tetapi akan dikenakan biaya pada saat menggunakannya saja.

2. Hotspot

Hotspot merupakan sebuah lokasi dimana tempat orang dapat mengakses internet menggunakan wi-fi dengan router yang terhubung pada ISP dengan menggunakan perangkat seperti smartphone, tablet, laptop dan lain sebagainya. Biasanya hotspot dapat ditemukan di berbagai tempat seperti rumah makan, hotel, kafe, tempat nongkrong dan tempat sejenisnya.

3. Wireless

Wireless atau dalam bahasa Indonesia nirkabel merupakan istilah untuk menggambarkan sebuah jaringan komputer dimana tidak ada nya koneksi kabel secara fisik antara pengirim dan penerima. Tetapi menggunakan jaringan yang terhubung menggunakan gelombag radio atau mikro agar dapat melakukan komunikasi data.

Jaringan nirkabel menggunakan peralatan khusus seperti kartu jaringan (NIC), Access Point, dan router sebagai pengganti kabel (tembaga dan serat optik). Hal tersebut memberikan keuntungan/kelebihan dibandingkan, menggunakan jaringan kabel seperti :

  • Banyaknya perangkat yang dapat terhubung pada satu sistem karena tidak adanya batasan port untuk penggunaan media transmisi ini.
  • Jangkauan yang lebih luas dengan mobilitas yang tinggi.
  • Lebih mudah dan nyaman digunakan.
  • Menghubungkan perangkat ke perangkat lain lebih cepat.

Tentu saja jaringan ini memiliki kelemahan atau kekurangan, yaitu :

  • Kecepatan transmisi data berkurang, karena jangkauan yang tersebar luas dan tidak terfokus pada sebuah titik transfer saja.
  • Membutuhkan biaya yang relatif cukup tinggi.
  • Kekuatan sinyal transmisi data tergantung pada faktor eksternal seperti cuaca dan lain sebagainya.

Wireless menggunakan prinsip kerja Wide Area Network (WAN) dan layanan internet yang diberikan tidak menggunakan biaya telepon, sehingga hanya dikenakan biaya layanan pemakaian internet saja.

4. Dedicated Connection

Dedicated connection merupakan layanan koneksi internet yang seringkali digunakan untuk kebutuhan bisnis dan pendidikan yang memiliki pengguna internet yang cukup banyak. Adapun contohnya, seperti perkantoran, unversitas, hotel, apartemen, data center, game center dan lain sebagainya.

Dedicated connection atau yang seringkali disebut internet dedicated adalah sebuah layanan jasa internet selama 24 jam sehari dengan menggunakan bermacam metode akses yang dapat disesuaikan. Layanan ini memiliki koneksi super cepat dan stabil (broadband connection).

Dedicated connection tidak mengenal istilah UpTo karena tidak ada naik turunya kecepatan akses dan memiliki kecepatan upload dan download yang sama 1:1.

Layanan ini tidak dapat dibandingkan dengan internet mobile seperti 3G/4G karena dedicated connection menggunakan infrastruktur fiber optic yang kebal terhadap interferensi dan cuaca, oleh karena itu jaringan ini memiliki kestabilan yang tinggi.

5. Mobile Access

Mobile access merupakan sebuah layanan internet dan jaringan yang dibuat khusus untuk pengguna telepon genggam ataupun smartphone. Jaringan yang digunakannya terdapat dua macam yaitu GSM dan juga CDMA. Jaringan ini dibuat agar para pengguna telepon genggam dan smartphone dapat menikmati akses internet kapan saja dan dimana saja.

Contoh ISP di Indonesia

apa itu isp
Sumber: mangladatech.com

Setelah kita mengetahui apa itu Internet Provider, fungsi dan cara kerja internet provider dan beberapa jenis layanan yang ditawarkan oleh internet provider. Ada beberapa penyedia jasa layanan internet yang ada di Indonesia, adapun beberapa contohnya ialah sebagai berikut :

1. Indihome

Yang pertama ialah indihome yang merupakan salah satu penyedia layanan internet (ISP) yang merupakan anak perusahaan dari salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yaitu PT Telkom Indonesia.

Indihome adalah salah satu ISP yang paling populer di Indonesia, karena digadang-gadang memiliki kecepatan yang cukup cepat dan stabil karena menggunakan kabel fiber optic.

2. Access Service Dedicated to Internet (ASTInet)

Access Service Dedicated to Internet atau yang sering disingkat sebagai ASTInet merupakan salah satu produk lain dari PT Telkom Indonesia selain Indihome dan produk lainya. Layanan ini adalah layanan dedicated internet yang sudah kita tahu dari penjelasan di atas sebagai penyedia jasa internet 24 jam sehari dengan kecepatan stabil dan digunakan oleh skala besar.

3. Centrin

Centrin merupakan salah satu ISP terbesar di Indonesia yang bergerak di bidang layanan yang berbasis ICT (Information and Communications Technology) yang menyediakan layanan internet melalui teknologi wireless, fiber optic dan Satelite (VSAT) yang disediakan oleh PT Centrin Online.

4. IM2

IM2 merupakan ISP yang berasal dari PT Indosat dengan layanan dan jasa yang ditawarkan ialah hosting dan domain.

5. Provider Seluler

Ada banyak sekali provider seluler yang ada di Indonesia, seperti telkomsel, indosat, Tri (3), XL, axis, smartfren dan lain sebagainya. ISP ini menyediakan layanan akses internet yang kebanyakan digunakan untuk konsumsi mobile/smartphone dengan basis kuota dan juga unlimited.

Penutup dan Kesimpulan

Nah, demikianlah penjelasan mengenai apa itu internet provider, fungsi, cara kerja, jenis layanan dan beberapa contoh internet provider yang ada di Indonesia. Setelah menyimak informasi di atas, semoga dapat menjadi informasi yang berguna bagi masyarakat luas yang berada di Indonesia.


FAQs

Apa saja layanan yang disediakan oleh Internet Provider (ISP) ?

1. Dial-up Connection
2. Hotspot
3. Wireless
4. Dedicated Connection
5. Mobile Access

Apa saja Internet Provider (ISP) di Indonesia ?

1. Indihome
2. ASTInet
3. Centrin
4. IM2
5. Provider Seluler (Telkomsel, 3, XL, Smartfren, dll)

Default image
Radi Surachman
Berprofesi sebagai seorang Guru Matematika di salah satu Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Garut
Leave a Reply

Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia